Wednesday, October 14, 2015

SEGALA HAL TENTANG CANON MF3010


            Udah lama sih sebenernya kepengen buat share tentang Printer Canon MF3010 ini, saya pertama kali beli printer ini udah beberapa bulan yang lalu karena keperluan print yang lumayan banyak, Suami saya membuka jasa percetakan menu makanan yang walaupun pelanggannya baru satu tapi tiap kali order bisa 9Rim dan harus beres dalam 2hari saja, kebayangkan gimana ngebulnya ni printer?? Nah karena keperluan cetak yang wow banget itu, secara otomatis akan membuat printer ini banyak bermasalah karena melebihi kapasitas kemampuannya…hehehe.. 


                Sebenernya untuk Printernya sendiri sampai saat ini (udah hampir 1tahun) gak ada sama sekali! Jadi buat kalian yang mengalami gagal cetak, atau cetakan yang gak sempurna jangan buru2 ganti printer, tapi coba cek dari Catridge nya terlebih dahulu. Oia CANON MF3010 ini hanya bisa mencetak Hitam-putih saja, kemampuan sekali printnya mencapai 99lembar, dan copy hanya 9 saja sekali pijit lumayan banyak juga.

                Nah mari kita bahas soal Catridgenya terlebih dahulu, Catridge CANON MF3010 ini memakai Toner halus, jadi beda sama mesin photocopy yang gede itu, saya biasa beli TONER 1kg untuk HP seharga 115.000,- (kalau ini tergantung yang jual), buat isi ulangnya kita kita bongkar dulu catridgenya, setelah berhasil maka catridge bakal terbelah menjadi dua yaitu :

1.       Bagian yang terdapat DRUM (tabung berwarna hijau/biru)

2.       Sisi satu lagi yang terdapat magnet

Buka sisi no. 2, singkirkan magnet dan disana akan terdapat Rongga dan tinggal tuangkan TONER kedalamnya, bila penuh kamu bisa ketuk2 pelan ke lantai sampai toner turun kedalam, ulangi saja terus sampai benar-benar penuh, setelah itu bersihkan magnet dan drum serta buang sisa Toner yang ada di sisi no.1 dengan cara membuka drum dan magnet. Setelah selesai kamu pasang kembali, perhatikan PER2 yang ada saat memasangnya, dan selesai!

Untuk mengatasi hasil cetakan kurang maksimal tinggal lakukan cara-cara ini :

1.       Cek apa toner sudah habis atau belum (Catridge asli Canon berkapasitas 300Lembar’an)

2.       Bila toner masih banyak, maka Bersihkan bagian-bagian catridge, dari mulai Drum, Magnet dan tempat pembuangan toner yang berada dibawah magnet dan Drum

3.       Bila no 2 tidak berhasil coba ganti Drum’nya dengan yang baru

4.       Kalau masih terjadi coba yang diganti magnetnya saja

5.       Kalau masih juga ganti dua-duanya

6.       Kalau masih juga itu berarti anda harus membeli Catridge baru (harganya sekitar 90-150rb)

Saya sendiri punya sekitar 4catridge yang selalu dipakai bergantian, so simple kan buat mengatasinya, jadi buat jaga siapkan saja Drum dan Magnet cadangan di rumah :D

2 komentar:

  1. Replies
    1. Toner kiloan gk ada merknya... Tapi tercantum cocok buat printer apa aja...

      Delete

 
Sagala Curat Coret Blogger Template by Ipietoon Blogger Template