Wednesday, December 5, 2018

PENGALAMAN MEMAKAI RICE COOKER MIYAKO, KIRIN DAN YONG MA

Rice cooker adalah alat penanak nasi yang saat ini hampir ada disetiap rumah, dari yang manual sampai digital, yang kecil sampai yang besar, dari yang murah sampai yang mahal sekalipun sekarang ini mudah didapati di toko-toko elektronik dan supermarket, saya sendiri sudah bergonta ganti rice cooker sebanyak 3x dalam 4tahun ini, dan dalam artikel kali ini saya akan share pengalaman saya memakai berbagai rice cooker yang pernah saya pakai.

Rice cooker yang pernah saya pakai ada 3 macam, pertama rice cooker Miyako kecil ukuran 0.6 L, lalu kirin ukuran sedang 1,2L dan terakhir adalah Yongma Digital ukuran besar 2L, masing-masing rice cooker ini memiliki fungsi, bahan, dan ukuran yang berbeda-beda, oke langsung aja kita bahas satu persatu..

1.       Miyako Psg-607 0,6L


rice cooker pertama yang saya pakai ini ukurannya sangat kecil, ini adalah kado pernikahan dari sodara saat itu, rice cooker ini saya pakai lumayan lama sekitar 1thn lebih, saat  itu saya pakai hanya untuk berdua saja, saya dan suami jadi cukuplah untuk masak nasi sehari ber2 saja, klo gk salah ingat rice cooker ini cukup untuk menanak 4porsi nasi saja, cocok untuk anak kost dan pengantin baru. Hanya saja rice cooker ini hanya mempunyai fungsi COOK saja, tidak ada WARMnya, jadi kalau mau menghangatkan nasi harus dimode cook yang biasanya panasnya cepat dan bikin nasi dibagian bawah berkerak, dan untuk jenis pancinya memakai bahan Teflon yang saya pakai lama kelamaan mengelupas..
2.       Kirin Krc-089 1L



setelah sekian lama memakai miyako, akhirnya rice cookernya rusak juga gegara dipake experiment masak bolu (over heat), dan sayapun menggantinya ke ukuran yang lebih besar ke rice cooker kirin dengan ukuran 1,2L, modelnya unyu banget ada gambar animasinya dan ukurunnya juga lumayan mungil, dan kirin ini mempunyai 2 fungsi yaitu cook dan warm, bahan panci nya masih sama Teflon juga tapi lebih kuat dari yang miyako, karena dari utuh sampe mengelupas lumayan lama lah gk cepet2 banget, over all sih puas pakai rice cooker ini.
3.       Yong ma ymc 801 2L

puas pakai kirin ko malah ganti lagi? Ya gimana ya, soalnya panci nya udah ngelupas, terus tutupnya udah mulai longgar dan saya punya bayi yang berarti nambah anggota keluarga dan bakalan banyak tamu ditambah aqiqah dan itu berarti masak nasi banyak!! jadi saya pun memutuskan untuk mempensiunkan si kirin ini…huhuhu… melihat pengalaman dari 2 rice cooker dengan panci yang mengelupas maka sayapun mencari bahan panci yang lebih kuat, setelah mencari2 kesana kesini akhirnya pilihan jatuh ke yongma digital ini karena diklaim mempunyai daya tahan panci yang kuat dengan memakai bahan Eco Ceramic, terus beneran kuat gak? Sampai saat artikel ini ditulis sih masih kuat tanpa goresan sedikitpun…hohohoho… walaupun pas awal2 masak, nasinya tuh berkerak dan lamaaaa banget masaknya bisa sampai 1jam, bingung dong ya udah mahal-mahal beli kok gini, terus saya coba ganti berasnya pakai beras pandan wangi terus sebelum mateng saya aduk dulu, dan hasilnya eng ing eng….. nasi nya matang dengan sempurna dan masaknya pun lebih cepat, entah pengaruh jenis beras, entah karena masih baru jadi adaptasi dulu, entahlah. Kalau sekarang sih masak nasi udah gak usah diaduk-aduk lagi udah oke, paling pas udah beres aja diaduknya biar lebih enak…hihihi… ya moga aja rice cooker yong ma ini bakalan awet surewet…Aamiin..
Ya begitulah perjalanan panjang pencarian rice cooker saya, sedikit tips biar panci rice cooker awet bisa membersihkan berasnya di tempat terpisah jangan di panci rice cooker, menghindari gesekan beras saat dibersihkan yang mengakibatkan coating panci terkelupas, dan kalau rice cooker kamu saat ini suka berkerak coba sebelum mateng bisa diaduk dulu biar penyerapan airnya lebih merata, hmmm… apalagi ya?? Udah dulu kali ya buat hari ini segitu dulu, kalau ada pertanyaan bisa coment aja dibawah, insya allah saya balas kalau sempat, semoga artikel saya kali bermanfaat ya and see you ^^

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    ReplyDelete

 
Sagala Curat Coret Blogger Template by Ipietoon Blogger Template