Thursday, December 22, 2016

PENGALAMAN LIBURAN KE PULAU HARAPAN

akhir bulan November kemarin saya dan suami bisa juga trip ke pulau seribu yang lebih tepatnya kami berlibur ke pulau harapan. Sebenarnya awalnya kami ingin pergi ke pulau tidung tapi ternyata kapal yang kami naiki tidak ada rute ke tidung T. T
Setelah membujuk lumayan lama suami yang "keukeuh" pengennya ke Lombok mulu dan saya yang "keukeuh" pengen ke pulau tidung ampe kami debat aja mulu tapi gak jadi-jadi liburannya... Hahahahah...  Tapi teryata nasib baik memihak padaku, tgl 29 November kemarin dia ada tugas ke Tangerang, jadilah saya bujuk buat nginep dulu di jakarta dan besoknya paginya langsung berangkat ke tidung, dan dia setuju!! Horeeee!!

Hari yang ditunggu2pun tiba, pagi2 sekali saya sudah bangun dan menyiapkan sushi buat bekal dijalan, biar irit gk usah beli2 dijalan.. Hahaha.. Jam 8.30 kami berangkat dari bandung ke Tangerang nganterin dia kerja dulu, saya nunggu disalon creambath biar gk bosen nungguin dia beres kerja.. Hehehe.. Setelah dia selesai kerja kami langsung berangkat ke jakarta untuk menginap di Ro&Vi hotel pesan via Traveloka (kami dapat harga 214rb) karena kapal ke pulau seribu hanya berangkat pagi2 saja, kami rencana memakai kapal feri KM Sabuk Nusantara 46, berikut informasi tentang kapal murah satu ini :
1. Kapal KM Sabuk Nusantara 46 ini adanya di pelabuhan Sunda Kelapa
2. Kapalnya bersandar di sebelah MARINA BATAVIA
3. parkir motor/mobil biar aman bisa di KSOP pelabuhan (saya parkir mobil bayar 50rb buat 1hari (satpamnya sih bilang seikhlasnya aja) (dari ksop ke kapal jalan kaki 800meter atau bisa pakai ojek sepeda bayar 10rb)
4. Bayar tiket kapal langsung dikapalnya Rp 15rb
5. Kapal ini singgah di 3 pulau yaitu pulau UNTUNG JAWA (1jam perjalanan), PULAU PRAMUKA (3jam perjalanan), PULAU HARAPAN (5jam perjalanan)
6. Biar gak mabuk laut pilih tempat tidur di bagian bawah karena olengnya gk kerasa kalau dibawah (iya gk ada kursi semuanya kasuuuur, selamat tiduuuur.. Hahaha)
7. Kapal ini berangkat NORMALNYA antara jam 8-9pagi (tapi kemaren berangkat jam 10 karena izin berlayarnya lamaaaaa banget gak dapet2)
10. Inget ya kapal ini cuma berangkat dari jakarta hari SENIN, RABU, DAN SABTU, dan pulang dari harapan jam 8pagi hari SELASA, KAMIS DAN MINGGU
11. Jangan lupa bawa makan dan minum buat dikapal karena minuman dan Cemilan di kapal harganya mahaaaaal...
*******************************
            Hari yang ditunggu-tunggupun akhirnya tiba, setelah shalat subuh kami langsung bersiap-siap untuk berangkat, karena mendapat sarapan gratis dari hotel kamipun sarapan dulu di hotel pukul 7pagi. Setelah selesai sarapan kami langsung berangkat menuju pelabuhan, di pintu gerbang pelabuhan kami membayar tiket masuk kalau tidak salah 4rb gak tau 5rb (lupa lagi..hehehe) setelah membayar tiket masuk kami langsung menuju KSOP Sunda Kelapa untuk parkir mobil, tidak lupa menitipkan mobil kepada satpam dan memberi uang tip 50rb untuk nitip parkir, setelah dari KSOP kami memutuskan untuk berjalan kaki ke tempat bersandar kapalnya di sebelah marina batavia, setelah berjalan cukup jauh ditemani debu-debu yang berterbangan akhirnya sampai juga ditempat tujuan dan kamipun langsung naik ke kapal dan langsung memilih tempat tidur dibagian bawah kapal (karena yang diatas udah banyak orang), ternyata disana juga ada sepasang pasutri yang sama2 liburan hanya berdua,setelah berbasa-basi akhirnya kamipun sepakat untuk share tempat tinggal dan snorkling biar lebih hemat,,hihihi..

waktu sudah menunjukan pukul 9pagi tapi belum ada tanda-tanda kapal akan berangkat, 9.30 belum berangkat juga dan ternyata izin untuk berlayar belum turun..huhu… dan kapalpun akhirnya berlayar pukul 10pagi yang artinya kami akan sampai di pulau pukul 3sore.
            Di dalam kapal ada seorang laki-laki yang menawarkan penginapan dan snorkling dengan harga 750rb yang akhirnya turun jadi 600rb karena kita nolak-nolak terus, tapi apa daya pas kita turun dari kapal eeeeeehhh ci empunya penginapan jug ujug udah nungguin aja didepan kapal (Yaelah), tapi setelah melihat kondisi penginapan dan kami ber4 kurang sreg jadi kami hanya mengambil snorklingnya saja yang langsung (setelah makan sore) kita caw snorkling, karena waktu untuk snorkling mepet banget Cuma 2 jam saja dari jam 4 sampai 6magrib jadi kami hanya diantarkan ke 2 tempat saja yaitu Snorkling dan melihat Sunset di pulau bulat, padahal normalnya kegiatan snorkling biasa dimulai dari jam 12siang sampai magrib dan mengelilingi beberapa pulau, tapi apa daya karena kapalnya telat berangkat jadi tidak bisa lama2 snorkling..huhuhuhu…
            Langit sudah berubah gelap menandakan kami harus mengakhiri perjalanan kami dan kembali dari pulau bulat ke pulau harapan, dan dikarena kami belum mencari penginapan sebagai pengganti penginapan yang tadi dicancel jadilah setelah turun dari perahu nelayan kami yang masih basah-basahan keliling untuk mencari penginapan, setelah bertanya kesana kemari akhirnya kami dapat juga penginapan yang lumayan enak dengan harga 300rb (harga asalnya 500rb) dan kamipun kembali ketempat c bapak snorkling untuk mengambil tas dan membayar jasa snorkling dan makan sore sebesar 400rb (snorkling 300rb & makan 4orang 100rb)
            Di malam hari tidak terlalu banyak kegiatan yang bisa kami lakukan dikarenakan suasana pulau yang sepi, kami hanya mencari makan di dekat pantai saya dan suami memesan ikan ayam2 (daging ikannya seperti daging ayam) yang lengkap dengan nasi,lalapan, sambal dan the tawar 2porsi seharga 60rb.
            Besok paginya kami sudah harus pulang kembali pada pukul 8pagi, dan yaaaaaa liburan yang kurang pooool menurut saya,mungkin nanti harus menginap 2hari saja biar lebih asik lagi. Btw pulau pramuka keliatan lebih asik lagi..hihihihi....